APLIKASI PENILAIAN KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS 1 SEMESTER 2

Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Semester 2. Kata kerja operasional dapat disesuaikan. Aspek pengamatan pada KI-1 dan KI-2 dapat disesuaikan .

Selamat pagi, sahabat guru dan teman-teman Operator Sekolah semua...
Masih dalam suasana ramadhan pagi ini saya berbagi dengan sahabat guru kelas 1. Sebuah aplikasi sangat sederhana untuk pengolahan nilai raport kelas 1.

Aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan baik di semester 1 maupun semester 2. Karena saya bagikan di jelang akhir semester 2 maka saya beri judul postingan saya dengan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk kelas 1 semester 2.

Yang baru dari aplikasi ini dibanding aplikasi semester sebelumnya adalah :

  1. Support 5 mapel Agama resmi di Indonesia
  2. Edit KKM lebih mudah
  3. Edit deskripsi KD lebih mudah
  4. Edit KKO (Kata Kerja Operasional) yang nanti akan muncul di deskripsi nilai.
  5. Edit aspek yang diamati pada KI-1 dan KI-2 bisa disesuaikan
  6. Peta KD dalam satu halaman, silakan disesuaikan untuk masing-masing kelasnya.
  7. Fitur Rangking untuk mengetahui posisi siswa di kelasnya
Saya sengaja menghilangkan fitur pengambilan data langsung dari file unduhan dapodik. Namun pengisian data siswa tetap lebih mudah jika teman-teman meminta file data siswa dari unduhan aplikasi dari dapodik. Sehingga data siswa dijamin sesuai dengan dapodik. Terutama penulisan NISN yang terdiri dari 10 digit angka yang kalau ditulis manual menjadi rawan salah dan tentu saja perlu waktu lebih lama untuk input data siswa. Dengan menggunakan file unduhan dapodik dalam 3 menit sebagian besar data sudah terisi tinggal melengkapi yang belum ada.

Tanpa berpanjang lebar, berikut ini saya bagikan aplikasi penilaian untuk kelas 1. Harapan saya semoga dapat membantu meringankan pekerjaan bapak/ibu guru sehingga raport semester 2 dapat dibagikan tepat waktu. Jika bisa mudah kenapa harus sulit....

Jangan lupa jika ada saran dan kritik dapat disampaikan kepada saya sebagai bahan belajar bagi saya.