Aplikasi : MENGHITUNG NILAI IJAZAH DENGAN EXCEL

Aplikasi Nilai Ijazah dan SKHUS 2015.
Saat ini semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 sudah memasuki masa-masa sibuk bagi guru kelas 6, apalagi yang merangkap sebagai OPS all Operator hehe.... Persiapan menghadapi ujian bagi siswa, memberi jam pelajaran tambahan dan administrasi yang lain. Jadi tidak ada salahnya jika mengerjakan dulu apa yang dapat kita kerjakan sekarang, sehingga pada waktunya nanti tidak kelabakan.

Salah satunya adalah mempersiapkan Nilai Ijazah yang sumber datanya diambil dari Nilai Raport Semester 7 sampai Semester 11. Mumpung belum sibuk, yuks kita cicil mengoleksi nilai siswa kita. Jika siswanya sedikit mungkin bukan masalah besar, namun jika siswanya banyak pasti akan membutuhkan waktu lama juga untuk entry nilainya.

Kali ini saya ingin berbagi aplikasi excel sederhana untuk menghitung Nilai Ijazah yang mengacu pada penghitungan tahun lalu. Pembuatan aplikasi terinspirasi ketika saya mulai mengoleksi nilai-nilai siswa saya. Jadi dalam aplikasi ini mengacu pada mata pelajaran yang kami gunakan di sekolah saya. Yaitu 10 mapel dengan rincian 8 Mapel US Tulis, 3 Mapel US Utama, dan 7 Mapel Ujian Praktek. Adapun penghitungan yang saya pakai dalam aplikasi ini juga mengacu pada tahun lalu yaitu 70% dari Nilai Rata-rata Raport dan 30% dari Nilai US.

Aplikasi ini tidak ada kunci protectnya, jadi teman-teman bebas untuk memodifikasi sesuai kebutuhan.

Akhirnya semoga aplikasi ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman untuk membuat karya yang lebih baik dan semoga bermanfaat.

Bagi yang mau mencoba silakan UNDUH DARI SINI